Pentingnya Memilih Baju Lebaran Keluarga

Lebaran selalu membawa warna tersendiri dalam suasana keluarga dan masyarakat. Setiap datangnya kita selalu bergembira merayakannya. Tentu hal tersebut tidaklah asing dari dahulu hingga kini. Sesungguhnya yang berbeda dalam perayaan lebaran setiap tahun hanyalah baju lebaran. Jika era tahun 60-an baju lebaran terlihat agak tak model, sederhana dan sesuai keadaan saat itu, namun berbeda dengan baju lebaran 2019 yang penuh model mewah dan cukup tren. Pada masyarakat muslim di berbagai daerah, selain kue yang paling utama sekali untuk disiapkan adalah baju lebaran, maka berlomba-lomba membeli, ada yang memilih model khusus perorangan maupun couple sekeluarga. Baju lebaran yang dengan model dan warna perorangan banyak disukai dan ditampilkan oleh sebuah keluarga. Hal ini tentu saja tak lepas dari selera masing-masing. Perbedaan corak warna dan model memberikan kesan menarik tersendiri bagi keluarga. Kesan keragaman berbusana masih menjadi dominan di masyarakat muslim di Indonesia.

Dalam memilih baju lebaran harus disesuaikan dengan kondisi dan corak keluarga misalnya baju untuk ayah yang bermodel koko/lipatan leher yang terhiasi batik, berwarna putih bersih dan dilengkapi kopiah berhiasan motif kuning dll. Tentu saja mewujudkan aura wibawa, kekuatan dan kesejukan sang ayah yang enak dipandang. Jadi tidak mungkinlah ayah memakai baju lebaran gaul seperti anak muda yang tentu sedikit kelihatan aneh dan tidak sedap dipandang. Demikian juga ibu memakai baju lebaran seperti gamis dan busana muslimah lainnya yang disesuaikan dengan keadaan dan usia diri, baju yang bisa menutup aurat dan tidak pamer lekukan tubuh yang tentu saja tidak mencerminkan perilaku yang baik diperlihatkan pada anak-anak dan orang lain. Memilih motif dan model baju lebaran 2019 keluarga khusus keibuan yang lebih tren meski juga perlu sesuai dengan syariat Islam. Hal ini agar semua tampak islami bukan tampak murahan.

Tak lupa juga baju lebaran 2019 keluarga khusus anak tersedia banyak dijual. Berbagai model seperti baju koko, baju islami bermotif kaligrafi, kupu-kupu, bunga dan banyak lagi. Anak-anak memang suka baju yang bermodel dan bermotif. Namun kita tetap memilihkan baju lebaran yang lebih islami, kelihatan menarik dan mempesona. Sesungguhnya lebaran sangat berbeda dengan pesta dan hari-hari biasa yang menurut kebanyakan orang perlu dispesialkan. Hal ini sehingga bila tidak membeli baju baru saat lebaran akan terasa kuno dan kurang, lebih-lebih pada anak-anak pasti akan menangis bila tidak memiliki baju lebaran yang baru.

Sesungguhnya baju lebaran sering dimaknai sebagai simbol keramaian, kehadiran dan kemenangan. Bagi anak-anak tentu akan berbahagia berbaur bersama teman-temannya sambil memamerkan dan memuji baju barunya. Bila mereka tak punya pastilah akan malu rasanya keluar rumah. Baju lebaran 2019 untuk keluarga sudah sangat banyak tersedia dengan berbagai varian harga dan model baik melalui online maupun offline. Berbeda halnya dengan jaman dahulu yang modelnya itu-itu saja serta terbatas penyediaan dan varian modelnya. Sejatinya memilih baju lebaran di tahun 2019 untuk keluarga harus benar-benar selektif agar memilih yang terbaik dan aman secara syariat yang mana sangat banyak model dan coraknya yang kadang membingungkan. Namun tetap saja baju lebaran yang tren pasti banyak dicari. Baju lebaran untuk keluarga bukan hanya sekedar sandang, tetapi juga merupakan sarana dan simbol pendidikan karakter dan keagamaan bahwa pakaian harus dan wajib dipakai yang mesti sesuai syariat Islam yang dianut.

Comments