5 Cara Beli Baju Lebaran 2019 Tanpa Bikin Ludes Tabungan


Beli baju lebaran 2019 memang tidaklah hal yang wajib dilakukan. Namun, bagi orang Indonesia, membeli baju untuk lebaran tentu membuat momen lebaran semakin lengkap. Hampir semua rumah menggunakan baju yang baru. Disisi lain, kebiasaan impulsive buying, atau perasaan membeli dengan tiba-tiba karena ‘lapar mata’ menjadi salah satu alasan kenapa tabungan bisa ludes cepat sekali saat lebaran. Nah, bagaimana mensiasati agar dapat belanja baju lebaran dengan cerdas? Faktanya, membeli baju lebaran juga membutuhkan perencanaan yang matang. Berikut tips yang harus kamu simak.

1. Pilih Berdasarkan Merk

Gara-gara model pakaian, kamu jadi menghabiskan uang untuk membeli baju lebaran. Apalagi saat ini, ada banyak baju murah yang dijual dengan model yang mewah. Tentu menuruti keinginan untuk membeli baju berdasarkan model, membuat kegiatan belanja jadi boros. Itulah kenapa, sangat penting mengatur keuangan dan membuat perencanaan membeli baju hanya berdasarkan merk tertentu saja. Dengan demikian, kamu jadi punya satu pilihan saja, sehingga tidak tergoda dengan berbagai model pakaian lainnya.

2. Barang Preloved

Apa itu barang preloved? Barang preloved adalah barang tangan kedua. Jadi, untuk kamu yang sepakat bahwa lebaran tidak harus beli baju baru, apalagi jika di toko barang yang diinginkan jauh lebih mahal dari yang kamu taksir, maka barang preloved menjadi opsi yang tepat. Selain berhemat, kamu juga dapat menemukan baju yang berkualitas sesuai keinginan. Inilah yang disebut sustainable shopping, yaitu belanja berkelanjutan.

3. Beli Baju Lebaran 2019 Tidak Boleh Terburu-buru

Di tahun 2019, pilihan baju lebaran jadi semakin banyak, mulai dari bahan, warna, model, sampai jenis yang ingin dibeli. Bukan hanya itu, terkadang niat untuk beli baju muncul sesaat karena bosan, karena tergiur setelah teman yang mengenakan baju model tersebut tampak cantik. Jadi, jangan sampai merasa dikejar waktu ketika sedang belanja baju lebaran. Sebaiknya, belanjalah dengan santai, melihat-lihat terlebih dahulu. Bila perlu, luangkan waktu hari ini khusus untuk Beli baju lebaran 2019 saja, sehingga kamu dapat menggunakan waktu sepuasnya untuk memilih model baju mana yang tepat untuk lebaran di tahun 2019 ini.



4. Atur Budget Dari Awal

Salah satu alasan kenapa sepulang berburu baju, tabungan bisa ludes dan pengeluaran bisa membengkak adalah karena tidak mengatur budget sejak awal. Padahal, jika kamu meluangkan waktu untuk merencanakan pembelian baju lebaran bersama keluarga, kamu pasti bisa mengatur semuanya dan menghemat beberapa ribu rupiah.

Ketika merencanakan untuk Beli baju lebaran 2019, pastikan bahwa kamu sudah mengatur berapa biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya, baju lebaran yang ingin kamu beli setidaknya harus berkisar Rp. 300.000 atau Rp. 400.000. Gunakan waktumu sebaik mungkin untuk mencari baju dengan harga tersebut, dan pilih model mana yang tepat. Bila perlu, lakukan penawaran agar dapat berhemat.

5. Pilih Baju Couple


Baju couple ternyata menjadi salah satu cara untuk belanja baju lebaran tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Betapa tidak, jika kamu biasanya membeli baju berkisar Rp 200.000, kamu bisa mencari di toko online dan membeli baju couple bersama pasangan dengan mengeluarkan biaya yang sama. Baju couple selalu ditawarkan dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa menjadi cara agar tabungan tidak cepat habis karena membeli baju.

Terakhir, selalu tanamkan dalam hatimu, bahwa baju adalah kebutuhan, bukan soal keinginan. Jika lebaran ini kamu benar-benar membutuhkan baju baru, maka kamu bisa membelinya dengan harga sesuai yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat!

Comments